AI pada Itik Clade 2.3.2

|


Jawaban Pertanyaan Umum tentang AI pada Itik Clade 2.3.2

1.    Apa perbedaan virus AI yang baru dengan virus AI yang selama ini ada di Indonesia ?
1)    Virus AI baru ini masih sama H5N1 tergolong Highly Pathogenic Avian Influenza (HPAI) namun memiliki Clade 2.3.2 yang lebih patogen menyebabkan tingkat kesakitan dan kematian cukup tinggi pada itik.
2)    Virus AI baru tersebut berbeda dengan virus AI yang selama ini endemis di Indonesia sejak tahun 2003 yakni Clade 2.1. sub Clade 2.1.3. yang hanya patogen pada unggas dari golongan ayam (gallinaceous) seperti ayam layer, ayam broiler, ayam kampong dan puyuh, sedangkan itik dan unggas air yang lainnya dinyatakan sebagai hewan reservoir yang relatif tahan terhadap infeksi virus H5N1 clade 2.1 dan selama ini tingkat kesakitan dan kematian unggas air sangat rendah.
                                                       
2.    Apakah munculnya virus AI baru pada itik tersebut karena luput dari pengamatan penyakitnya oleh pemerintah yang tidak melakukan pengamatan AI pada itik sebelumnya ?
Sebetulnya pemerintah sejak awal hingga saat ini telah melakukan surveilans pada semua sektor perunggasan, baik unggas pekarangan, unggas komersial, rantai pasar unggas dan juga termasuk unggas air. Khusus pada Itik telah dilakukan surveilans sampai dengan tahun 2011 di beberapa wilayah sentra produksi itik yakni di Kalimantan Selatan, pulau Lombok, dan pantai utara Jawa, namun selama ini hasilnya menunjukkan angka prevalensi yang sangat rendah terhadap virus AI H5N1 (clade lama 2.1.3).

3.    Bagaimana virus AI baru tersebut dapat muncul belakangan ini di Indonesia ?
Adanya virus AI baru di Indonesia kemungkinan penyebabnya dari suatu proses mutasi genetic virus AI yang kita tidak ketahui selama ini atau kemungkinan oleh introduksi virus baru dari luar negeri yang sedang tertular penyakit yang disebabkan oleh virus AI baru tersebut.
Menurut analisa para pakar, kemungkinan penyebab introduksi baru dari luar negeri jauh lebih besar dibanding kemungkinan oleh mutasi genetic dari virus lama.

4.    Mungkinkah virus AI baru tersebut merupakan hasil dari mutasi virus AI lama yang selama ini beredar di Indonesia ?
Kami masih belum tahu pasti apakah penyebabnya dari mutasi genetic virus AI yang selama ini telah ada di Indonesia. Hal tersebut masih memerlukan kaji
Next Prev
▲Top▲